REVIEW JURNAL2
1. Tema
E-Business
2.
Judul
Penelitian
Penerapan
E-business di Indonesia
3. Penulis
·
Kharisma Safiri
·
Amiruddin
·
Wulan Wijayati
4. Latar
Belakang
Perkembangan internet menyebabkan terbentuknya dunia baru yang
disebut
dunia maya. Di dunia maya,setiap
individu memiliki hak dan
kemampuan untuk berinteraksi dengan individu lain tanpa batasan apapun yang dapat menghalanginya.
Globalisasi yang sempurna
sebenarnya telah berjalan di dunia maya yang menghubungkan seluruh komunitas digital.
Dari
seluruh aspek kehidupan manusia yang terkena dampak kehadiran
internet, sektor bisnis merupakan
sektor yang paling terkena dampak dari perkembangan
teknologi informasi dan telekomunikasi
serta paling cepat tumbuh. Mobilitas manusia yang tinggi menuntut dunia
perdagangan mampu menyediakan layanan jasa dan barang dengan cepat sesuai
permintaan konsumen. Untuk mengatasi masalah tersebut, kini muncul transaksi
yang menggunakan media internet untuk menghubungkan produsen dan konsumen.
Transaksi bisnis melalui internet lebih dikenal dengan nama e-business. Melalui e-business, seluruh manusia di
muka bumi
memiliki kesempatan
dan peluang yang sama
untuk bersaing dan
berhasil berbisnis di dunia maya.
5. Ruang
Lingkup E-Business :
·
Dimensi What
·
Dimensi Who
·
Dimensi Where
·
Dimensi Why
6. Keuntungan
E-Business
Value apa yang
sebenarnya ditawarkan oleh e-business. Menurut Charles R. Rieger dan Marry P. Donato setidaknya ada 5 keuntungan
yang ditawarkan oleh e-business yakni : Efficiency, Effectiveness, Reach, Structure, dan Opportunity.
7.
Faktor Pendorong E-Business
Perkembangan implemantasi
konsep e-business disebuah industri
atau negara sangat dipengaruhi oleh eksternal driving force yaitu : Customer Expectations, Competitive
Imperatives, Deregulation, dan Technology.
8. Prospek
E-Business di Indonesia
Melalui berbagai kajian terhadap perkembangan e-business maka paling tidak terdapat 10
prospek e-business di Indonesia yaitu
:
·
E-business Type
·
Community
·
Content
·
Technology
Device
·
Access
Channels
·
Regulation
·
Organization
·
Change
Strategy
·
Business
Process
·
System
Approach
9.
Kesimpulan
Perkembangan sistem e-business dalam
suatu perusahaan maupun negara maju atau berkembang sangat dipengaruhi oleh
beberapa faktor sebagai pemicu seperti oleh karena konsumen saat ini
menginginkan sesuatu yang lebih. Misalkan Pemesanan dapat dilaksanakan anytime, anywhere, pembayaran pembelian
produk dengan metode yang beragam misalnya kartu kredit, kartu debit maupun
layanan transfer, dan adanya fasilatas asuransi produk serta pengiriman produk
yang cepat dan harga kompetitif, dan sebagainya.
Kemajuan e-business juga sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi
informasi itu sendiri karena dalam perkembangan e-business teknologi informasi
memiliki fungsi sebagai penggerak dari dimungkinkannya model-model bisnis baru.